Jumlah Rakaat Shalat Tarawih

Banyak hal yang sering menjadi perbincangan orang muslim ketika Ramadhan tiba. Salah satunya mengenai jumlah rakaat dan cara pelaksanaan shalat tarawih. Terutama bagi mereka yang masih ragu mengenai jumlah rakaat shalat tarawih mana yang lebih afdhol untuk di ikuti. Di tempat tinggal saya, tarawih yang dilakukan berjumlah 23 rakaat dan 11 rakaat, yang sebelas rakaat ini terkadang ada yang melakukannya hanya dengan 2 salam saja yakni 4 rakaat 4 rakaat.

Para Ulama mengatakan bahwa, tidak ada satu pun hadits yang shahih yang menyebutkan jumlah rakaat shalat tarawih yang dilakukan oleh Rasululullah SAW. Bahkan para ahli hadits mengatakan bahwa semua riwayat hadits yang menyatakan tentang jumlah bilangan rakaat shalat tarawihnya Rasulullah SAW adalah hadits yang sangat lemah.

Kalau pun ada yang mengatakan 11 rakaat, 13 rakaat, 20 atau 23 rakaat, semua tidak didasarkan pada hadits yang tegas. Semua angka-angka itu hanyalah tafsir semata. Tidak ada hadits yang secara tegas menyebutkan angka rakaatnya secara pasti.

Misalanya hadis yang diriwayatkan dari Aisyah ra. bahwa “Rasulullah SAW tidak pernah menambah di dalam ramadhan dan di luar Ramadhan dari 11 rakaat”. (HR. Al-Bukhari)

Namun hadis dari Aisyah ra. ini bukanlah batasan maksimal bahwa shalat tarawih itu tidak boleh ditambah, karena hadis tersebut sekedar menceritakan tentang jumlah rakaat yang selalu dikerjakan oleh Nabi SAW dan jika nabi SAW mengerjakan shalat Beliau selalu melaksanakannya secara kontinyu, sebagaimana yang disebutkan oleh Aisyah ra. Sedangkan Nabi SAW sendiri tidak pernah membuat batasan tertentu tentang jumlah rakaat shalat tarawih.

Pelaksanaan Rakaat Shalat Tarawih
• Shalat sebanyak 13 rakaat dimulai dengan dua rakaat yang ringan kemudian dua rakaat yang panjang sekali kemudian dua rakaat yang lebih ringkas dari sebelumnya dan demikian seterusnya hingga jumlah 12 rakaat lalu witir.
• Shalat 13 rakaat, dimulai dengan delapan rakaat dan bersalam setiap dua rakaat kemudian witir dengan 5 rakaat dan tidak duduk dan tidak pula salam kecuali pada rakaat ke-5.
• Shalat sebanyak 11 rakaat ber-salam setiap dua rakaat kemudian witir dengan satu rakaat.
• Shalat sebanyak 11 rakaat, mengerjakan 4 rakaat lalu salam kemudian 4 rakaat lalu salam kemudian witir dengan 3 rakaat.
• Shalat sebanyak 11 rakaat yaitu mengerjakan 8 rakaat dengan tidak duduk kecuali pada rakaat ke-8 lalu membaca tasyahud dan shalawat kepada nabi kemudian berdiri tanpa salam lalu witir dengan satu rakaat kemudian salam maka jumlahnya sembilan lalu ditambah 2 rakaat dalam keadaan duduk.
• Shalat sebanyak sembilan rakaat, yaitu enam rakaat dan tidak duduk kecuali pada rakaat ke-6 lalu membaca tasyahud dan membaca shalawat lalu berdiri tanpa salam lalu witir dengan satu rakaat kemudian salam, maka jumlahnya tujuh lalu ditambah dua rakaat dalam keadaan duduk.

Sedangkan witir yang dikerjakan dengan tiga rakaat, maka tidak boleh duduk pada rakaat ke dua lalu salam pada rakaat ke-3, karena cara tersebut sama dengan shalat Magrib, padahal nabi SAW bersabda:
“Dan jangan kalian serupakan (shalat witir) dengan shalat magrib”. (HR. Ath Thohawy)
karena itu barang siapa yang berwitir dengan tiga rakaat boleh dilakukan dengan dua cara, yakni dengan bersalam antara rakaat ke-2 dan rakaat ke-3 atau tidak duduk kecuali pada rakaat ke-3.

Jadi shalat tarawih boleh dikerjakan dengan berbagai cara sebagaimana yang dicontohkan oleh Nabi SAW dan cara yang paling umum adalah mengerjakannya dengan dua rakaat dua rakaat kemudian ditutup dengan witir.

Yang penting sholatnya dikerjakan dengan khusyuk. Tidak tergesa-gesa atau “ngebut.” Sebab saya sering melihat imam yang mampu membaca surat Al Fatihah dalam 1 tarikan nafas saking
cepatnya.

Di lain sisi, kalau imamnya membaca surat yang teerlalu panjang dan dengan bacaan yang sangat pelan maka makmum pun jadi berkurang. Jadi bacalah surat yang sedang-sedang saja dan dengan bacaan tartil yang sedang-sedang pula.

Semoga Allah menerima ibadah kita
Wallahu a’lam bis sawab

About these ads

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: